Langsung ke konten utama

My Another Java Program: Kalkulator Jodoh

Tadi penulis baru aja baca ebook tentang Java dari O'Reilly yang judulnya "Head First Java 2nd Edition" dan penulis nemuin kode yang bisa ngehasilin angka random antara 0.0 sampai 1.0.
Iseng-iseng, dapet ide deh buat bikin program jodoh kaya yang udah banyak banget di iklan-iklan.

Ini dia tampilan akhir dari programnya


















Dan inilah hasilnya jika kita telah menginput datanya dan mengklik "Cek Jodoh"








Download file .exe nya disini.

Yap, mari mulai bermain dengan source code nya :)
Bukalah NetBeans anda dan buat project baru dengan nama CekJodoh. Lalu buat kelas baru dengan nama CekJodohUI.


1. Buatlah desain persis seperti aplikasi diatas. Untuk warna silakan kreasikan sesuka anda :)
2. Ganti nama variabel untuk tiap text fieldnya dengan nama sebagai berikut (dari atas ke bawah):

  • namaField
  • ttlField
  • namaPasanganField
  • ttlPasanganField
3. Tambahkan handling code pada button "Cek Jodoh" (dobel klik pada button tersebut). Lalu tambahkan kode berikut sebagai handlind code nya:

        int persenJodoh= (int) (Math.random() * 100);
        String hasil= "Ketepatan jodoh anda dengan "+ namaPasanganField.getText() +" adalah "+ persenJodoh +"%";
        JOptionPane.showMessageDialog(null,hasil);

4. Selesai. Tinggal anda "Clean and Build" project anda dan lihat hasilnya.

Bagaimana? Mudah kan? Ide dari program ini hanyalah pada method Math.random() yang dapat menghasilkan angka random antara 0.0 sampai 1.0.

Untuk mendownload project nya klik disini.
Untuk mendownload file .jar nya klik disini.
Untuk mendownload file .exe nya klik disini.


Pos populer dari blog ini

Kumpulan Script Pascal

Pada kesempatan ini penulis ingin menuliskan beberapa script Pascal yang penulis buat sendiri. Namun penulis mohon maaf bila terdapat kekurangan pada script-script dibawah ini mengingat penulis sendiri masih belajar dalam pemrograman Pascal. Script-script dibawah ini ditujukan untuk compiler Turbo Pascal For Windows 1.5 dan telah penulis coba sendiri keberhasilannya. Namun bila anda memiliki saran untuk penulisan script-script dibawah ini atau memiliki kritik terhadap script-script ini, anda dapat mengirimkan penulis e-mail, maupun comment terhadap posting ini. Bagi anda yang belum memiliki compiler Turbo Pascal For Windows 1.5, anda dapat mendownloadnya di http://community.borland.com/article/0,1410,20803,00.html . Baiklah, selamat mencoba.
(Seluruh script yang terdapat pada artikel ini bebas untuk digunakan, disalin, dimodifikasi, maupun disebarluaskan selama tidak disalahgunakan untuk kejahatan.)
Program DiskriminanPersamaanKuadrat
Masih ingatkah anda terhadap pelajaran Diskriminan Pe…

"Program Login" Menggunakan Pascal

Setelah lama ga ketemu Pascal. Penulis iseng-iseng nyobain untuk ngoprek-ngoprek lagi program Pascal. Dan sesuai dugaan, banyak materi dan kode-kode yang penulis udah lupa dari pascal :p
Kali ini penulis nyoba bikin program (tepatnya sebagian kecil program :p) untuk sistem login. Ya, cuma program iseng-iseng aja sih, ga memiliki nilai guna pada dasarnya, tapi lumayan buat yang masih baru-baru mau mencoba pemrograman Pascal :)
Prinsip kerja program ini simple (seperti sistem login pada umumnya, namun dengan keamanan yang sangat rendah, maklum amatir ^^v). Pertama, pengguna menginputkan data username dan passwordnya, lalu program akan memverifikasikannya, jika benar maka pengguna akan dibawa ke layar berikutnya. Namun jika salah, maka pengguna memiliki kesempatan 2 kali untuk mengulang menginputkan datanya.

My Third Java Program: "Program Menghitung IP Mahasiswa"

Masih berkutat di dunia Java. Kali ini penulis mencoba bereksperimen dengan JTable. Setelah 2-3 hari pusing ngutak-atik JTable (maklum masih newbie ^_^), nyari-nyari cara buat meng-inputkan data ke dalam tabel itu, akhirnya dapet juga petuah dari orang yang udah mahir Java di forum DIC (dreamincode.net).
Here's a sneak peek at the program :)