Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2011

HaiSobat! Situs Belajar Terbaru dari Telkomsel

Mumpung malem-malem gini ga ada kerjaan, penulis iseng-iseng browsing ke beberapa situs dan nemuin berita tentang peluncuran situs terbaru dari Telkomsel, yang katanya punya fungsi sebagai web belajar Interaktif untuk siswa. Jadi penulis coba aja daftar ke situs ini di HaiSobat.com

Pas pertama liat homepage-nya, situs ini keliatan banget nuansa Telkomselnya. Dengan banyak iklan-iklan Telkomsel memenuhi Homepagenya -__-"

Untuk bisa daftar ke web ini tampaknya kita harus punya nomor Telkomsel yang sudah terdaftar. Karena ketika mendaftar kita diwajibkan mengisi nomor ponsel kita, dan nomor itu harus dengan prefix dari Telkomsel (co. 0812, 0852, dll). Well, mungkin karena web ini masih baru dan juga karena eksklusifitasnya yang hanya untuk pelanggan Telkomsel membuat web ini masih belum memiliki banyak member. Ketika penulis masuk ke web ini, masih belum banyak posting dari member-membernya. Tapi setidaknya kategori-kategori dari postingannya cukup banyak. Dan salah satunya adalah Pro…

Second Java Program: Simple Calculator (Developed with Radio Button)

"Back to NetBeans"
After completing my first Java program, Simple Calculator, I tried to develop it with some more stuff. This time, the idea is about the Radio Button. I got little busy of googling when I came up with this idea. It came with a little problem that I had no idea how to make these Buttons stuff to become a group, in order to make the buttons cannot be chosen more than one option.
Light bulb :D.After a couple of minutes spending time browsing, googling (and a little Facebook-ing :p), I came up with this forum that (once again) came from the own application of this IDE, NetBeans.org. Click here or here to see the thread that I've been looking for.
Let the coding begin.




Here's the source code of the program.

My First Java Program with GUI: Kalkulator Sederhana (Addition only)

"Hello World"
Akhirnya setelah 2 hari pusing-pusingan ngutak-atik netbeans, nyari sumber sana-sini cuma buat belajar tentang Java GUI di NetBeans, penulis nemu juga artikel bagus buat awalan belajar pake GUI di NetBeans. Dan ternyata artikel ini malah ketemu di situs empunya IDE ini sendiri, alias NetBeans -__-". Kalo mau liat artikel aslinya bisa liat disini.

Program ini sebenernya cuma program simpel yang fungsinya untuk nambahin 2 bilangan aja. Ya, kalo di pascal sih mungkin ga bakal makan waktu sama sekali buat bikin program kaya gini. Tapi kalo di Java dgn GUI lumayan repot juga, apalagi kalo belum punya basic-basic nya sama sekali. Setidaknya lumayan sebagai latihan buat newbie di Java :).

Berikut tampilan dari program tersebut.