Langsung ke konten utama

Trik-Trik Memperindah Tampilan Flashdisk

Menggunakan Gambar Sebagai Background Pada Flashdisk

Bosan dengan latar belakang (background) flashdisk anda yang hanya terlihat putih dan membosankan tersebut? Bila jawabannya adalah “Ya” maka sebaiknya anda baca artikel ini. Oke deh, sebaiknya kita langsung aja ke pointnya. Oke? Nah, ikutin langkah-langkah ini dan TADA, flashdisk anda telah berganti backgroundnya (gampang kok, Cuma 5 langkah). Oh ya, anda tidak dapat menggunakan trik ini pada Windows Vista, anda dapat menjalankan langkah-langkah ini pada Windows Vista namun tidak akan melihat hasilnya, background flashdisk anda tidak akan berubah namun jika anda memasang flashdisk tersebut pada windows selain Vista, backgroundnya akan berubah.

1. Pertama-tama anda harus siapkan terlebih dahulu gambar yang ingin anda jadikan background untuk flashdisk anda.

2. Simpan atau pindahkan file gambar anda tersebut ke Flashdisk anda.

3. Buka Notepad (Start > All Programs > Accessories > Notepad) lalu ketikkan:


[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=NamaFileAnda.jpg
[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0


Anda cukup mengganti kata “NamaFileAnda.jpg” dengan nama file gambar anda.

4. Setelah selesai, Save hasil kerja anda tersebut dengan mengklik File > Save As...
Setelah mucul dialog box Save As, ketikkan “Desktop.ini” pada File Name-nya. Dan ganti tipenya dengan All Files pada pilihan Save As Type. Biarkan pilihan terakhir dengan isian ANSI, jangan diganggu gugat he..he..he. Kemudian simpan file tersebut pada Flashdisk anda dengan cara memilih flashdisk anda pada drop down list Save In.

5. Sudah? Jika sudah anda cukup menjalankan langkah terakhir yang sangat mudah dan simple. Klik kanan pada ruang kosong di flashdisk anda lalu klik “Refresh” dan TADAA, background flashdisk anda telah berganti menjadi gambar yang anda inginkan.


Mengganti Icon Flashdisk Dan Mengamankannya Dari Virus

Jika tadi kita bereksperimen dengan background, maka sekarang kita akan bereksperimen dengan mengganti icon flashdisk anda. Perlu anda ketahui bahwa selain untuk tampilan, trik ini juga cukup berguna untuk mempermudah dalam mendeteksi maupun menghalau virus dan malware lainnya. Bila tadi, anda tidak dapat melakukannya pada Vista, sekarang bagi anda para pengguna Vista dapat berbahagia karena trik ini dapat berjalan juga pada Vista.

1. Seperti biasa, persiapkanlah terlebih dahulu file ikon anda yang berekstensi .ico dan simpanlah kedalam flashdisk anda.

2. Buka Notepad (Start > All Programs > Accessories > Notepad) dan ketikkan sebagai berikut:
[Autorun]
Icon=NamaFileAnda.ico
Silahkan mengganti kata “NamaFileAnda.ico” dengan file ikon anda.

3. Sama seperti sebelumnya, simpan file tersebut dengan ekstensi .inf dengan cara mengklik File > Save As...
Setelah mucul dialog box Save As, ketikkan “Autorun.inf” pada File Name-nya. Dan ganti tipenya dengan All Files pada pilihan Save As Type. Lalu simpan ke dalam flashdisk anda.

4. Oke...!!! sekarang tahap terakhir, namun tahap terakhir ini berbeda dengan trik yang sebelumnya yang mengharuskan anda untuk me-Refresh. Pada langkah ini anda harus melepas flashdisk anda terlebih dahulu, lalu memasangnya lagi dan lihatlah pada Windows Explorer (Winkey + E) ikon flashdisk anda telah berubah.
Nah, mungkin sebagian dari anda bertanya saat saya bilang bahwa trik ini juga dapat mempermudah dalam mendeteksi dan menghalau virus, oke, begini nih caranya, setiap kali anda memasang flashdisk anda ke komputer cek file autorun.inf-nya, apakah isinya berubah atau tidak. Jika berubah, kemungkinan besar flashdisk anda telah terinfeksi oleh virus. Karena kebanyakan virus menginfeksi flashdisk dengan membuat file autorun.inf tersebut sehingga komputer yang dipasangi flashdisk tersebut akan secara otomatis terinfeksi oleh virus tersebut.
Bagaimana membasminya? Mudah saja, bila virusnya masih tergolong lemah, anda dapat membuka isi file autorun.inf tersebut dan lihat apakah ada kalimat seperti berikut:

Open=NamaVirus.exe

Jika terdapat kalimat tersebut, maka hapuslah file virus yang namanya terletak setelah tanda “=” tersebut.
Setelah itu, hapus file autorun.inf tersebut. Mudah kan?

WAAAAH, file virus dan autorun.inf tersebut masih tetap ada (dan terus lahir) walau sudah dihapus berulang kali. Jika hal ini terjadi, maka virus ini dapat dikatakan agak pintar, namun tidak perlu khawatir, buka Task Manager (Ctrl + Alt + Delete) dan pindah ke tab Processes dan cari nama proses yang anda curigai sebagai virus maupun yang memiliki nama yang sama dengan nama yang terdapat di isi autorun.inf tadi. Yap, cara ini dapat dilakukan hanya untuk membersihkan infeksi virus dari flashdisk anda (namun tidak dijamin 100% bersih) namun kemungkinan virus tetap ada pada komputer anda. Jadi, lebih baik anda men-scan komputer anda dan flashdisk anda dengan antivirus kepercayaan anda. Sebaiknya, cara ini hanya digunakan bila antivirus anda tidak dapat mendeteksi virus yang terdapat pada flashdisk anda.

Pos populer dari blog ini

Kumpulan Script Pascal

Pada kesempatan ini penulis ingin menuliskan beberapa script Pascal yang penulis buat sendiri. Namun penulis mohon maaf bila terdapat kekurangan pada script-script dibawah ini mengingat penulis sendiri masih belajar dalam pemrograman Pascal. Script-script dibawah ini ditujukan untuk compiler Turbo Pascal For Windows 1.5 dan telah penulis coba sendiri keberhasilannya. Namun bila anda memiliki saran untuk penulisan script-script dibawah ini atau memiliki kritik terhadap script-script ini, anda dapat mengirimkan penulis e-mail, maupun comment terhadap posting ini. Bagi anda yang belum memiliki compiler Turbo Pascal For Windows 1.5, anda dapat mendownloadnya di http://community.borland.com/article/0,1410,20803,00.html . Baiklah, selamat mencoba.
(Seluruh script yang terdapat pada artikel ini bebas untuk digunakan, disalin, dimodifikasi, maupun disebarluaskan selama tidak disalahgunakan untuk kejahatan.)
Program DiskriminanPersamaanKuadrat
Masih ingatkah anda terhadap pelajaran Diskriminan Pe…

"Program Login" Menggunakan Pascal

Setelah lama ga ketemu Pascal. Penulis iseng-iseng nyobain untuk ngoprek-ngoprek lagi program Pascal. Dan sesuai dugaan, banyak materi dan kode-kode yang penulis udah lupa dari pascal :p
Kali ini penulis nyoba bikin program (tepatnya sebagian kecil program :p) untuk sistem login. Ya, cuma program iseng-iseng aja sih, ga memiliki nilai guna pada dasarnya, tapi lumayan buat yang masih baru-baru mau mencoba pemrograman Pascal :)
Prinsip kerja program ini simple (seperti sistem login pada umumnya, namun dengan keamanan yang sangat rendah, maklum amatir ^^v). Pertama, pengguna menginputkan data username dan passwordnya, lalu program akan memverifikasikannya, jika benar maka pengguna akan dibawa ke layar berikutnya. Namun jika salah, maka pengguna memiliki kesempatan 2 kali untuk mengulang menginputkan datanya.

My Third Java Program: "Program Menghitung IP Mahasiswa"

Masih berkutat di dunia Java. Kali ini penulis mencoba bereksperimen dengan JTable. Setelah 2-3 hari pusing ngutak-atik JTable (maklum masih newbie ^_^), nyari-nyari cara buat meng-inputkan data ke dalam tabel itu, akhirnya dapet juga petuah dari orang yang udah mahir Java di forum DIC (dreamincode.net).
Here's a sneak peek at the program :)